16 April 2018
TIPS MOTOR

Menghindari Jalan Yang Berlobang Dengan Aman


Jalan rusak saat ini sudah banyak dijalan raya ibu kota dan aerah sekitanya. Perlu momoners ketahui bahwa kenapa jalan tersebut bisa berlubang dan rusak, karena pertama jalan raya saat ini umumnya terbuat dari aspal dan apakah momoners tahu musuh utama aspal iyalah air.

Hal ini dapat kita lihat ketika kita melintas dijalan yang tergenang air dan pada bagian bawah
kendaraan kita terlihat titik hitam yang melekat erat. Titik hitam tersebut setelah diperiksa, tak
lain dan tak bukan adalah aspal jalan.

Dari pada melalui aspal tersebut lebih baik menghindari. Namun menghindarinya pun harus berhati-hati, jangan-jangan yang akan terjadi adalah kecelakaan. Berikut teknik menghadapi lubang yang benar adalah :

- Berikan jarak pandang yang cukup bagi momoners dengan kendaraan di depan momoners, sehingga kondisi jalan di depan lebih terlihat dengan lebih luas.
- Jika momoners sudah hafal jalannya, ini yang paling baik, tentu saja dari kejauhan momoners sudah mulai persiapan untuk berpindah lajur.
- Bila jarak pengereman terlalu pendek dan mau tidak mau momoners harus melewati lubang tersebut, tetap rem untuk memperlambat kendaraan dan angkat pinggul momoners, sedikit tekuk lutut dan siku tangan dan genggam lebih kuat setang kemudi momoners. Hal ini bertujuan agar momoners tidak terlempar dari kendaraan. Kemudian berjalan lagi dengan tenang dan lebih waspada.
- Ketika melihat lubang segera perlambat kendaraan dengan menutup putaran gas dan kedua rem. Kemudian, bila memungkinkan tengok kaca spion untuk memastikan tidak ada kendaraan yang akan melintas di area yang akan momoners gunakan untuk menghindar. Bila tidak memungkinkan, perlambat kendaraan sampai berhenti kemudian momoners melihat kaca spion dan tunggu sampai situasi aman kemudian menghindari lubang tersebut.

Hal ini berlaku juga bila sekiranya momoners mengetahui pengendara lain yang di depan momoners yang akan menghadapi lubang dan ingin menghindari lubang tersebut, cobalah untuk mengurangi kecepatan dan memberinya kesempatan untuk menghindar daripada pengendara tersebut menghindar pada saat kita sedang melintas di sebelahnya.

Terlepas siapa yang benar dan yang salah, kita tetap saja terlibat dalam kecelakaan. Untuk itu kita sesama pengendara sepeda motor harus saling mengerti dan mengalah agar lalu lintas pun tetap lancar.


viewed :: 11048
Berita Terkait Lainnya :