10 Oktober 2018
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi BMW 116i 2014, Colourful Stance


Meski populasi BMW seri 1 tidak banyak di jalanan, tapi Fridoreynal, si empunya BMW 116i ini malah kegirangan. "Jujur saja, waktu baru sampai di rumah, awalnya belum tahu mau dimodifikasi kayak apa. Masih bingung," ujar Frido lagi.

Semua berubah seminggu kemudian. "Dapat 'rezeki anak nakal' dari ortu buat beli pelek sama custom per," tambahnya. Awalnya ia membeli pelek AC Schnitzer tipe 1 diameter 17 inci, dengan lebar 8,5 dan 10 inci. Berhubung ada yang naksir, ia pun menjualnya.

Gantinya, pelek Work Seeker model mesh. Pelek yang awalnya motif polish ini berukuran 18 x 9+10,5 inci. Sebelum dipasang, pelek ini dicat warna Aquating Scrub untuk mesh-nya dan Gold Coating untuk lips-nya. "Bagus kan? Belum ada nih BMW seri1 yang pakai pelek kayak gini," ungkapnya lagi.

Sementara ban pakai Achilles ATR Sport 215/40R18 dan Falken Ziex ZE522 ukuran 225/40R18. "Gilanya, butuh waktu 2 minggu untuk pasang ban belakang karena enggak ada yang sanggup!" seru pria yang masih kuliah di daerah Jakbar ini. Untunglah, akhirnya ada yang menyanggupi. "Gue enggak tahu deh gimana cara pasangnya tuh, yang penting kepasang pokoknya," kekehnya lagi.

Tak hanya ban, urusan suspensi pun cukup ribet. "Waktu masih pakai ACS, sudah ceper ala stance," bisiknya. Namun berhubung BMW 116i ini bukan jenis BMW yang banyak dimodifikasi, tentu ini bukan perkara mudah dalam hal menceperkan suspensinya.

Sewaktu menyambangi Amarta Per di bilangan Lebak Bulus, Jaksel, hal ini pun terjadi. "Mereka kebingungan karena belum pernah nyeperin BMW seri 1, apalagi BMW begini pasti banyak sensornya, hadeeehhhh," keluhnya.

Akhirnya didapat formula, pakai per Kijang Innova untuk depan dan per Gran Max untuk belakang. "Tapi pertama kali jadi masih kurang ceper," bilang pemukim kawasan Kebon Jeruk, Jakbar ini.
Jadi per pun dibongkar dan dipotong lagi, tak lupa suspensi depan ditambahi stopper supaya enggak terlalu mengayun.  [w33]

Plus: - Modifikasinya cukup berani terutama di bagian suspensi dan pelek
Minus: - Mesin tidak dimodifikasi

Data Modifikasi
Work Seeker 18x9+10,5 inci, Achilles ATR Sport 215/40R18 dan Falken Ziex ZE522 225/40R18, per custom, depan per Innova belakang Gran Max, jok kulit putih, panel dasbor putih, kulit door trim putih, kidney grille putih, add-on lips depan custom AC Schnitzer, list bumper depan belakang putih, knalpot Eisenmann

viewed :: 11947
Berita Terkait Lainnya :