05 Agustus 2022
SHOWROOM MOBIL

Toyota Yaris Dengan Tenaga Lebih Besar Dari Hachi-Roku



Jangan sepelekan Toyota All-New Yaris berkelir hitam ini, apalagi jika Anda bertemu di Bandung. Tampilan luar murni standar, kecuali pelek palang lima jari-jari warna emas. Tapi jangan coba-coba diajak adu kebut, sebab di balik kap terpasang mesin bertenaga dahsyat bahkan melebihi performa Toyota 86.

Sang pemilik yang berinisial WH - enggan dipubilkasi - tak sungkan menjelaskan apa saja rahasia jantung pacu yang mampu menyemburkan daya 260 tk. Semua dimulai dari keputusan membeli Yaris putih bertransmisi otomatis untuk sang istri, namun ternyata godaan hatchback tertinggi Toyota di Indonesia ini sulit dibekap.

"Saya udah coba eh ternyata enak, handling-nya enak tapi tenaganya masih kurang. Dari situ kepikiran buat jadi proyek saya," katanya. Tidak berapa lama, mesin 1NZ-FE Yaris sudah dicangkok turbo TD-04 berikut modifikasi pada injektor, penambahan piggyback, plus setelan ECU. Total hasil lonjakan tenaga mencapai 165 tk.

Namun itu semua ternyata belum cukup memuaskan, menurut WH, salah satu faktor penghambat tenaga riskan bila diangkat lebih tinggi adalah transmisi matik. "Hasilnya sudah lebih enak, tapi saya pikir lagi kalau ditembusin di atas 200 tk bakal lebih enak lagi. Saya cari-cari informasi di forum, disebutkan transmisi matik bisa kalah. Makanya beli lagi Yaris manual," ungkap WH.

Pesanan All-New Yaris manual tak sempat menyentuh rumah, dari dealer langsung menuju bengkel agar langsung digarap sesuai keinginan. "Turbo dicopot, 'keong'nya doang yang dipakai dari matik ke manual. Piping-nya ganti, downpipe bikin sendiri. Kebanyakan sisanya saya pasang sendiri," kata WH yang mengaku insinyur di bidang otomotif ini.

Performa makin canggih sebab dijejali produk kompetisi TRD seperti pada kopling dan penambahan limited slip differential. Menurut WH dengan spesifikasi sekarang sudah bikin "pede" dibawa keliling trek Sentul, meski begitu perlu ditambahkan peranti keselamatan.

"Ga takut maen kotor, ga takut kecepatan. Makin kenceng makin seneng. Saya sudah punya semua hatchback, mobil lain komponennya susah. Cuma Yaris yang gampang dicari," tukas WH.  [w33]

viewed :: 15626

Berita Terkait Lainnya :