12 Juli 2018
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Toyota Land Cruiser 1970


Memodifikasi jip tua tak hanya membutuhkan keinginan kuat semata. Pada prakteknya, butuh lebih dari sekadar ide yang kadang dikatakan gila. Banyak kehendak yang ingin ditorehkan, terutama bila jip tersebut harus tahan banting, dan memiliki kemampuan off-road yang tak kalah dari jip-jip lebih muda. Itu pun masih ditambah, jip harus nyaman dikendarai.

Endy JP sepertinya paham betul situasi itu. Pria bertubuh subur ini pun tidak grasa-grusu memodifikasi Land Cruiser FJ40 berakta 1970. "Saya sadar, banyak yang ingin saya curahkan pada jip ini. Karena itu, saya persiapkan modifikasi jip ini dengan matang, bermula dari konsep," papar Endy yang rela menjalani masa modifikasi hingga 2 tahun lamanya. "Sepanjang rentang waktu tersebut, hampir 1/5 waktu habis untuk menyiapkan konsep," terang Endy. "Sehingga pada saat konsep dan kalkulasinya jadi, tidak banyak waktu yang akan terbuang, dan biayanya lebih terukur," lanjutnya.

Pada dasarnya, Endy bukan pebengkel. Dia minta bantuan dari kawan-kawan pebengkel untuk mewujudkan keinginannya. Setidaknya 5 bengkel yang disatroni, belum lagi beberapa bengkel kecil lain yang turut membantu. "Tiap bengkel tersebut memiliki kelebihan sendiri. Saya mengambil ciri khas mereka, dan mengumpulkanya melalui jip ini," cerocos pengusaha ini.

Ibarat filosifi sapu lidi, jika sebatang lidi berdiri sendiri, akan lemah dan gampang patah. Namun jika banyak lidi digabung menjadi satu rumpun, akan menjadi kuat dan fungsional. "Dalam modifikasi jip ini, saya menggunakan teori sapu lidi tersebut. Dengan harapan akan mendapatkan hasil terbaik dan saya yakin telah menghasilkan sesuatu yang luar biasa," jelasnya.

Dan bukan suatu omong kosong, karena saat Jip berkesempatan mencobanya Land Cruiser tua ini cukup nyaman melibas jalanan rusak, dan tentunya handal dipergunakan untuk off-road.  [w33]

viewed :: 13372
Berita Terkait Lainnya :