20 September 2018
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi JK Wrangler 2012


Indonesia sebagai negara kepualauan terbesar di dunia, dihadapkan dengan keterbatasan dalam hal pemerataan pembangunan. Tapi itu dulu, kini kesenjangan kian mengecil dengan semakin majunya sarana komunikasi dan transportasi. Dan ini berdampak pula pada pemerataan di bidang modifikasi.

Contohnya pulau Jawa, yang boleh dikatakan sentra modifikasi untuk Indonesia. Namun bagi Firza Muzaffar, bertempat tinggal di luar pulau Jawa bukan lagi menjadi masalah berarti. "Benar adanya, semakin terbukanya komunikasi, terutama internet, dunia seakan mengecil," tutur pria berkacamata minus ini.

"Walau terpisahkan oleh laut, namun kini kita yang berada di kota Makassar, Sulawesi Selatan, bisa melakukan modifikasi kendaraan seperti rekan-rekan di Jawa, bahkan di luar negeri," jelasnya sembari menunjukkan modifikasi pada JK Wrangler miliknya.

"Setidaknya saya beranikan diri untuk memulai. Paling tidak menjadi contoh untuk membuka wacana dan wawasan teman-teman di Makassar dalam hal modifikasi," tambah pria yang bergelut dalam bidang desain ini.

Pria yang biasa disapa Pipit ini tidak mau tanggung. Dengan cermat ia mengamati dan berkonsultasi melalui internet, juga tidak sungkan melempar pertanyaan ke beberapa rekan modifikator di Jakarta. Ia pun menyimpulkan, dalam memodifikasi JK harus mengacu pada manual book peranti yang akan dipasang. "Itu yang harus dijadikan pedoman dasar," jelasnya. "Jip satu ini merupakan jip moderen yang sarat teknologi, sehingga tidak boleh sembarangan melakukan modifikasi. Jika salah langkah, bisa-bisa jip malah ngambek loh," kekehnya.

Beberapa bagian modifikasi memang masih dilakukan di Jakarta. "Tak lain karena belum ada fasilitas dan sumber daya manusia yang benar-benar menguasai materi JK Wrangler," tuturnya. Diharapkan nantinya di tempat kami akan ada yang mampu mengerjakan modifikasi seperti halnya yang ada di Jawa," terangnya.

"Paling tidak kami yang ada di luar Jawa ini bisa setara dengan rekan-rekan di Jawa. Seperti sebuah pemerataan lah," gelaknya sembari menutup perbincangan  [w33]

viewed :: 11845
Berita Terkait Lainnya :