05 Agustus 2022
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Honda CR-V 2000 AWD, Semua Berasal Dari Limbah



Wisnu Dewandaru tidak pernah membiarkan pacuannya tampil standar. Dirinya selalu tergugah untuk kembali melakukan peremajaan. "Supaya tampak selalu berbeda dan fresh," kilahnya.

Honda CR-V generasi pertama yang menjadi korbannya kali ini. Walau sebelumnya sudah tampil manis. Namun karena ada yang menawarkan barang, akhirnya 'disantap' juga. Jadilah bumper yang tadinya berpenampilan manis, kini berubah menjadi sedikit gahar.

Selain menyodorkan bumper, juga tanduk lengkap dengan lampu PIAA. "Secara kebetulan juga saya sudah bosan dengan tampilan yang lama. Saatnya berganti tampang dan ada yang nawarin," cerita pemilik toko pelek Wibek di BSD Autoparts ini.

Penambahan bug shield pada ujung kap mesin juga membuat tampilan lebih menarik. Modifikasi yang dijalankan semakin unik, karena CR-V generasi 1 yang berteknologi AWD ini masih sangat jarang yang dimodifikasi.

Tidak berhenti sampai situ, mesin juga ikut sentuhan modifikasi. Tak puas dengan performa mesin asli, diganti pakai B series. Bagian bawah mengandalkan B20, sementara atas pakai B16. Perpaduan ini sangat banyak dipakai, terutama yang senang performa kencang.

Kini mesin dengan ECU yang sudah di-remapping tersebut kembali ke kondisi standar. Sebelumnya sudah dilakukan modifikasi yang termasuk ekstrem. Hanya saja terkendala mesin kerap kali panas ketika dipakai harian. "Supaya lebih enak, akhirnya kita down spec saja. Tidak seutuhnya standar," sebut Dharma Sradha, pemilik bengkel Monza Motor yang menangani modifikasi mesin.

Uniknya, ubahan-ubahan yang dilakukan ini sebagian besar didapat dari barang copotan. Setelah dikumpulkan, baru kemudian dipasang menjadi satu kesatuan.  [w33]

Plus:
- Pemilihan warna tak lazim untuk SUV
Minus:
- Bagian belakang kurang sentuhan

Data Spesifikasi
Mesin: Kepala silinder B16B Type R, silinder bawah B20
Tutup kepala silinder: Mugen
Per klep: Spoon
ECU: Remapping
Kabel busi: Racing
Busi: NGK Iriway
Slang radiator: Samco
Fuel pressure regulator: Sard
Penutup oli: Mugen
Saringan udara: K&N
Kopling: Exedy Hyper single plate
Jok: Recaro Enjoy
Visor pintu dan bug shield: EGR
Lampu: PIAA

viewed :: 15033

Berita Terkait Lainnya :