04 Juli 2020
TIPS MOTOR

Pakai Tuas Khusus Transmisi Anti-Netral, Biar Tetap Safety Saat Balapan


Sistem transmisi seamless yang digunakan Honda di ajang balap MotoGP sejak tahun lalu, diakui oleh Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo sebagai kekuatan tim berlogo sayap mengepak itu. Ditambah dengan seamless down (tak ada jeda di transmisi saat deselerasi), semakin membuat RC213V jadi sempurna.

Tapi masih ada satu lagi hal yang patut dicontoh dari Honda, yaitu penggunaan tuas khusus transmisi anti netral. Tuas khusus ini diklaim berfungsi untuk mengunci posisi netral di jajaran transmisi motor MotoGP. Kabarnya, fitur ini membuat pebalap tetap fokus, dan tidak ada kemungkinan masuknya gigi netral ketika saat mengoper gigi saat deselerasi.

Secara teori, ini cukup bagus. Karena pebalap tidak perlu khawatir tentang posisi transmisi di
motornya. Jadi konfigurasi transmisi 1-N-2-3-4-5-6, akan berubah jadi 1-2-3-4-5-6. Itu berarti ada pertukaran posisi antara gigi N dan gigi 1.

"Saya tidak bisa mengatakan seperti apa proses kinerja sistem ini. Tapi dari gambar yang ada, anda bisa menyerahkannya pada pembaca," beber Massimo Meregalli, Direktur Tim Yamaha.

Peletakan tuas transmisi anti-netral, adalah pada bagian bawah tuas kopling. Tuasnya sendiri sangat kecil dan tidak akan digunakan saat balapan sudah berlangsung.

viewed :: 12223

Berita Terkait Lainnya :