11 Maret 2018
TIPS MOBIL

Lokasi Rentan Air Masuk Ke Kabin


Jangan heran bila tiba-tiba kabin mobil anda basah dan berbau udara lembab. Apalagi, musim hujan diperkirakan masih cukup lama berlangsung. Untuk mobil-mobil yang berusia di atas lima tahun, potensi air "menyusup" semakin besar, apalagi jarang melakukan perawatan bodi dan kerap menerjang banjir.

Selain harus segera dikeringkan agar tak semakin menimbulkan bau apek, anda juga wajib mencari tahu sumber masuknya air. "Sebenarnya sulit, dan untung-untungan juga, kadang mobil yang sudah dirawat tetap aja ada air masuk. Jalannya banyak," kata Uja, pemilik usaha body repair AJM di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Berikut urutan pengecekan yang harus dilakukan jika terjadi kebocoran air pada kabin:
1. Perhatikan karpet. Jika rembesan air ada pada lapisan bawah kabin, bisa jadi bodi bawah mobil sudah berkarat dan menimbulkan lubang. Buka karpet mobil atau lapisan dasar dan jika ditemukan lubang yang berkarat, segera perbaiki.

2. Karet pintu. Sering juga disebut sebagai karet balon karena bentuknya yang menggelembung. Kebocoran paling sering ditemukan pada karet pintu bagian bawah ujung atau yang menempel pada bodi depan. Karet yang sudah getas (tidak lagi elastis) membuat air bertekanan tinggi atau banjir bisa merembes ke dalam. "Dicuci steam biasanya udah masuk airnya, padahal mobil tahun 2006," celetuk Uja.

3. Yang juga menjadi bagian dari karet adalah "pelipit", posisinya melintang di kaca samping mobil.

Kadang tidak getas juga bisa bikin air masuk kalau memasangnya salah.

4. Karet kaca atau disebut karet channel. Ada di semua bagian kaca. Jika bocor di sini, sepintas tidak terlihat kerusakan, tapi dipastikan ada celah kecil yang membuat air merembes. Jika mendera karet depan dan belakang, kaca harus dilepas untuk menggantinya.

5. Lubang-lubang udara bodi. Biasanya terdapat di balik bumper. Fungsinya untuk jalur keluar masuk angin saat pintu atau bagasi ditutup. Kendati demikian, biasanya ada plastik penutupnya. Cek, apakah plastik penutup itu masih dalam kondisi baik atau masih terpasang dengan benar. Agak sulit mengeceknya, harus ke tukang bodi.

viewed :: 11214
Berita Terkait Lainnya :