11 Maret 2018
TIPS MOBIL

Mencegah Risiko Kunci Tertinggal Di Dalam Mobil


Mungkin di antara para pembaca pernah mengalami masalah saat kunci mobil tertinggal di dalam kabin. Hal ini tentu merepotkan. Apalagi jika Anda tidak membawa kunci cadangan.

Kejadian itu biasa terjadi pada kendaraan yang memiliki alarm dengan fitur pengunci pintu otomatis sehingga justru menjadi bumerang saat kita lupa mencabut kunci.

Ada satu cara Ampuh untuk mencegah kejadian yang cukup merepotkan tadi dengan memanfaatkan kunci cadangan. Jika tidak ada, Anda bisa membuat duplikat di tukang-tukang kunci atau di diler resmi dengan menyodorkan nomor yang biasa tertera pada anak kunci.

Memang repot kalau kemana-mana Anda harus membawa dua kunci. Oleh karena itu kunci cadangan sebaiknya diletakkan pada kendaraan bersangkutan pada tempat di mana hanya Anda sendiri yang mengetahuinya.

Misalnya di balik bemper, di balik spakbor atau di tempat yang tersembunyi lainnya.

Agar tidak mudah jatuh, Anda dapat memanfaatkan pengencang kabel terbuat dari nilon yang akrab disebut dengan nama 'cableties' atau 'fastener'. Anda juga bisa memanfaatkan pengikat lain seperti tali plastik maupun kawat.

Langkah pertama adalah memeriksa bagian kolong dan tempat-tempat tersembunyi pada kendaraan yang memungkinkan untuk dijadikan sebagai lokasi untuk menyembunyikan kunci cadangan.

Usahakan tempat yang Anda pilih memiliki bagian-bagian yang bisa dimanfaatkan untuk 'mengikat' kunci darurat Anda misalnya kabel, baut yang terlalu panjang, atau lubang-lubang yang ada.

Ikatkan kunci tersebut pada bagian yang Anda nilai relatif mudah dijangkau oleh tangan Anda namun letaknya tidak mudah diketahui oleh orang lain.

Agar kunci tidak mudah berkarat akibat terkena percikan air, sebaiknya anak kunci tersebut Anda bungkus dengan plastik hitam. Pembungkus ini juga sekaligus berfungsi untuk menyamarkan keberadaannya.

Selamat mencoba...

Catatan: Kiat ini tidak disarankan bagi kendaraan berteknologi keyless entry.

viewed :: 11277
Berita Terkait Lainnya :