08 Desember 2017
TIPS MOBIL

Tips Atasi Embun Membandel Di Kaca Mobil


Memiliki kendaraan yang terbilang sudah "umur", pasti ada saja keluhannya. Mulai dari mesin,
kelistrikan sampai sistem pendingin pada interior. Ini yang kerap ditemui oleh sebagian pengguna di Great Corolla Club (GCC), pada sistem pendingin atau AC (Air Conditioner).

Embun pada kaca depan, kerap terjadi jika busa pada sistem pendingin sudah bermasalah atau tidak bekerja secara sempurna lagi. "Masalah ini sih biasanya karena busanya sudah umur saja, dan solusinya cukup gampang kok," ujar Muhammad Diendy Meuthady, selaku bagian logistik dari GCC yang memang juru ngoprek di komunitas ini.

Dibantu Diendy dan Danang Sriwibowo selaku bendahara umum dari GCC, Motormobile.net akan memberikan ilustrasi mengatasi embun pada kaca depan dengan menggunakan alat yang cukup sederhana, berupa obeng minus dan isolasi transparan pada Toyota Great Corolla lansiran 1993 bertransmisi manual. Berikut tahapannya:

1. Kondisi seperti ini yang kerap terjadi pada Great Corolla ataupun mobil lawas lainnya. Beginilahembun yang muncul, lama kelamaan bisa membahayakan driver karena sangat mengganggu pandangan ketikaberkendara, tegas Danang yang mengadopsi Great Corolla-nya sejak 2007 ini.

2. Tahap pertama, buka kisi-kisi AC yang terdapat di bawah kaca depan menggunakan obeng minus.

"Kalau yang udah sering dioprek, akan mudah bukanya, tapi kalau yang masih gres, rada susah. Jadiharus hati-hati," wanti pria yang berdomisili di Cakung, Jaktim. Awas kondisi kisi-kisi yang mudah patah.

3. Tahap selanjutnya, lepaskan kisi-kisi AC dengan cara ditarik ke arah atas menggunakan dua tangan.

Tujuannya untuk memastikan di setiap ujung kisi-kisi terlepas dari dudukannya.

4. Ini dia proses intinya. Lakukan penutupan bagian bawah kisi-kisi menggunakan isolasi bening pada setiap lubang. "Ini intinya, cuma tutup lubang kisi-kisi pakai isolasi, dan usahakan rapi agar tahan lama," jelas Diendy. Kisi-kisi pada Great Corolla ada dua bagian, kiri dan kanan. So, jangan lupa untuk melakukan hal yang sama pada kisi-kisi satunya ya!


viewed :: 11221
Berita Terkait Lainnya :