08 Desember 2017
TIPS MOTOR

Mengapa Ban Motor Benjol ?


Pernah mengalami ban motor membelendung seakan-akan benjol ? Motor serasa berguncang-guncang ketika dijalankan dan rasanya menjadi tidak nyaman. Menyebalkan sekali ya?

Saryono, Compounder dari Kingland Tire Indonesia memiliki penjelasan terkait hal ini bahwa hal itu terjadi sebenarnya lantaran kesalahan produsen!

"Ada yang namanya nylon dilapis karet. Waktu di-building mesin, kan diberi dua lapis. Antara satu lapisan dan lapisan yang lain di dalamnya suka ada angin. Walaupun sudah di-treating, itu satu-dua pasti ada. Kemungkinan lolos, angin teperangkap di dalam," papar Saryono di pabrik ban merek Kingland di Serang-Banten.

Kondisi ini lantas disebut dengan "blown" atau angin terjebak di lapisan dalam di antara kain ban dan telapak.

"Ini akibat proses yang tidak sempurna di proses building. Efeknya, ketika sudah dipakai, kan dia sudah ada angin di dalamnya. Begitu pakai kan panas. Selama punya angin, kena panas, kan dia mengembang. Kalau mengembang, sobeknya makin gede di dalamnya. Bisa merembet, lama-lama telapaknya lepas. Jenuh, benjol jadinya," beber Suyono.

"Kalau di pabrik kita, langsung ban yang ada angin terjebak di dalam kita buang atau musnahkan, kita anggap cacat produksi dan tidak boleh dijual. Nah kalau konsumen beli ban merek lain, terus benjol-benjol bisa komplain, klaim. Kalau kita, ya kita klaim," tutupnya.

viewed :: 11057
Berita Terkait Lainnya :