11 Januari 2018
TIPS MOTOR

Tips Cara Memodifikasi Motor Tua, Tantangan Tersendiri


Uniknya memodifikasi motor tua, disebut unik karena motor yang sudah tua, berkarat dan tak terurus lagi bisa disulap menjadi ngejreng dan enak dilihat.
Selain itu barang yang mau dikerjakan susah dicari dipasaran, namun sebagian orang melakukan modifikasi motor tua adalah sebuah tantangan tersendiri dengan arti apabila sudah bisa menghidupkan kembali motor tua yang sudah menjadi bangkai maka merupakan kebanggaan tersendiri.

Memiliki sepeda motor tua memang kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi jika sepeda motor tua tersebut dimodifikasi sedemikian rupa hingga tak kalah dengan sepeda motor masa kini. Memodifikasi sepeda motor tua memang tak semudah memodifikasi motor sekarang, karena sparepartnya tak mudah didapatkan. Perlu kejelian dan kehati-hatian dalam pengerjaannya.

Nilai sebuah motor tua bukan dinilai dari harga motor itu sendiri melainkan dari keunikan, kerumitan setiap dimensi dan kelangkaan motor tersebut.
Untuk Tips Modifikasi itu sendiri adalah sebagai berikut :
- Pertama lihat dulu jenis mesin dan kerusakannya. Jika onderdil yang orisinal harga murah masih dapat dicari tentu tak jadi masalah, tapi jika onderdil tidak dapat dicari anda harus menentukan dan mengganti dengan mesin lain yang sesuai dengan motor tersebut.
- Berburu ke pasar loak. Tak jarang kita mendapat sparepart orisinal dengan harga yang murah dan sesuai dengan yang kita cari.
- Mencari informasi pada teman sesama pencita motor tua, cara ini biasanya memudahkan kita mendapatkan barang yang kita cari dan akan menumbuhkan rasa solidaritas yang bagus antar sesama pencinta motor tua.

Memodifikasi sepeda motor tua itu gampang-gampang susah. Namun ada beberapa tips tambahan yang bisa anda coba agar bisa menghasilkan modifikasi yang maksimal, yaitu:
- Pilih antara membangun ulang seperti aslinya atau modifikasi total (kustom).
- Membangun ulang seperti aslinya memerlukan waktu yang lebih lama karena keterbatasan ketersediaan sparepart (sulit dicari).
- Jika anda memilih kustom, gaya vintage sangat disarankan sehingga aura klasik tetap terpancar.
- Jangan merubah konsep motor tua, misalnya honda CB100 dimodif streetfighter. Hasilnya pasti akan menjadi aneh.
- Sesuaikan dimensi mesin body sehingga tampak "penuh" ketika dilihat.
- Masukkan unsur modern seperti memakai cat dua warna, menggunakan lampu LED, dll.      ..... (w33)


viewed :: 18666
Berita Terkait Lainnya :