01 Juli 2020
TIPS MOBIL

Kegunaan Throttle Body Spacer


Supaya performa mesin lebih optimal, lahirlah beragam inovasi. Salah satunya memasang Throttle Body Spacer (TBS). Peranti ini hadir di antara throttle body dan intake manifold.  Maka kecepatan udara yang masuk ke ruang bakar lebih cepat dan banyak. Kandungan oksigen pun lebih melimpah, sehingga pembakaran bisa sempurna. Alhasil kinerja mesin jauh lebih efisien dan optimal.

"Di ruang bakar, semakin kaya oksigen, makin sempurna pencampurannya dengan bahan bakar. Mesin lebih mudah menghasilkan torsi, bahkan di putaran mesin yang relatif lebih rendah," ungkap Edward Adiwinata dari Raser Workshop di bilangan Jakarta Barat. "Tanpa harus membejek pedal gas lebih dalam. Hal ini tentu berdampak pada pemakaian bahan bakar yang lebih efisien," lanjut penyuka kopi ini.

Di pasaran tersedia beragam produk TBS. Peranti ini didominasi produk-produk Amerika seperti Airaid, Helix, dan banyak lagi. Tak sedikit juga produksi dalam negeri, salah satunya Raser.

"Semua produk TBS memiliki sasaran yang sama, membuat performa mesin menjadi lebih baik. Tiap produk memiliki kiat yang berbeda terutama pada ulir lobang TBS," cerocos Edward

Bentuk ulir TBS beragam, ada yang seperti ulir mur dan juga polos. Dengan pola yang dipilin, maka udara dan bahan bakar akan lebih mudah bercampur, sehingga lebih mudah dibakar saat berada di ruang bakar. 

viewed :: 11873
Berita Terkait Lainnya :