10 Agustus 2018
SHOWROOM MOBIL

Terong Seharga Rp 200 Juta Asal Bali


Terong seharga Rp 200 juta? Wah modelnya seperti apa ya? Terong yang dimaksud di sini bukan sayuran yang biasa kita kenal, melainkan julukan untuk mobil jawara dari gelaran modifikasi Yaris Show Off 2015 yang diselenggarakan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM).

King of Yaris Show Off 2015 adalah Eric Setyo Wibowo. Modifikator asal Denpasar, Bali itu menamakan Yaris miliknya dengan sebutan Yaris Terong Project.

Kenapa disebut dengan Yaris Terong? Eric pun membeberkan di hadapan para awak media otomotif nasional di Trans Studio Mall, Bandung, Jawa Barat. Menurutnya, penggunaan nama Terong itu tidak disengaja.

Awal mulanya ia dulunya ingin memiliki mobil dengan warna hijau semua, lalu ingin punya mobil dengan warna ungu semua. Hal itu baru terwujud ketika dirinya memodifikasi Yaris miliknya.

"Awalnya saya hanya membuat konsep dan coba mengaplikasikan kedua warna itu dan ternyata bagus jadi saya coba untuk mewujudkannya. Darisitu teman saya bilang mobil kamu kaya Terong, warna hijau dan ungunya mirip seperti terong," tuturnya.

Berawal dari itu Eric pun mulai menamakan modifikasi Yaris-nya ini dengan nama Yaris Terong Project.

Ternyata, nama Terong itu sendiri juga mengandung filosofi yang berarti. Jadi menurutnya bukan sembarang nama. Ia menuturkan, sayuran Terong itu serbaguna. Maksudnya, mau dimasak seperti apapun rasanya akan tetap enak.

"Jadi Yaris yang saya buat itu bisa digunakan untuk apa saja. Berguna juga untuk oang banyak, arti berguna itu sendiri sebelum final kan dikelilingi untuk ikut road show jadi bisa menjadi inspirasi buat semua orang," katanya sambil tersenyum.

Nah, dalam urusan biaya, Eric memang cukup merogoh koceknya dalam-dalam. Untuk biaya modifikasinya saja atau belum termasuk dengan harga mobilnya, pria asal Bali itu mengeluarkan uang sebanyak Rp 200 juta.

"Saya tidak melebih-lebihkan dan tidak mengurang-ngurangkan. Total biaya yang saya keluarkan dalam modifikasi Yaris Terong ini adalah Rp 200 juta. Kalau dihitung sama makan dan lain-lain bisa lebih dari itu," bebernya.

Untuk memodifikasi dari nol hingga mobil benar-benar jadi, Eric hanya memakan waktu 6 minggu. Hal pertama yang dilakukan adalah memodifikasi bagian mesin dan sektor kaki-kaki yang memakan waktu selama 2 minggu.

Sisanya Eric beserta kawan-kawannya mengerjakan bagian eksterior dan memakan waktu 3 minggu. Pengerjaannya seperti membuat bodi kit, audio seta grafis airbrush yang memakan waktu 2 hari.

"Selama 3 minggu itu kita bekerja satu hari selama 14 jam tanpa berhenti," katanya lagi.  [w33]


viewed :: 1921
Berita Terkait Lainnya :