11 Juli 2019
TIPS MOBIL

Tips Membersihkan Rem Mobil


Jangan pernah remehkan rem mobil! Memang, untuk merawat sendiri butuh waktu dan peralatan yang komplit. Karena, paling tidak harus punya kompresor untuk mengusir debu yang bisa membuat kinerja pengurang laju jadi berkurang. Juga tidak baik untuk kesehatan akan akan terisap dan menyebabkan polusi.

Sebaliknya, jika dibiarkan, selain daya rem berkurang akan menimbulkan suara berdecit. Ini tandanya, kondisi rem mulai kotor. Nah, untuk membersihkannya tak perlu harus sampai melepas kampas rem, cukup sediakan cairan khusus rem (brake cleaner). Banyak dijual dio toko aftermarket dan harga masih terjangkau sekitar Rp 60 ribu.

Ikuti langkah-langkah ini. Jika ingin bagian depan dulu, dongkrak satu per satu dan lepas roda.

Kemudian semprotkan cairan tadi ke permukaan cakran (disc brake) dan lanjutkan ke kaliper (jika sudah cakram). Debu atau kotoran akan rontok bersama cairan.

"Kalau mau dibuka kalipernya lebih bagus lagi. Tinggal melepas baut pegangan kaliper dengan kuncing ring 14 mm," sebut Steven Suryawijaya, Manager Kiara Mobilindo yang mempraktikkan dengan Isuzu Panther milik perusahaannya.

Untuk rem teromol, pertama-tama tutup rem harus dibuka dengan cara dikletuk pakai palu. Tak perlu keras-keras, sekadar untuk mengendurkan tutupnya. Jika sudah terbuka semprotkan brake cleaner di bagian permukaan teromol, juga sekalian tutupnya.

Steven menyerankan, sebelum menggunakan cairan, baca prosedur keselematan dalam penggunaannya dan tak perlu takut. Karena, semua produk cairan aman buat karet dan sensor ABS.

viewed :: 11417
Berita Terkait Lainnya :