17 September 2021
TIPS MOTOR

Merawat Motor Sport Setelah Terkena Air Banjir.



Banjir maupun genangan air di sepanjang ruas jalan memang menjadi musuh utama bagi pengendara motor, pasalnya apabila sampai terkena air maka sudah pasti berbagai komponen termasuk kelistrikan bakal mengalami kerusakan yang cukup parah dan untuk mengatasinya tidak terlalu mudah karena harus membongkar keseluruhan bodi. Khususnya motor sport meskipun memiliki tubuh lebih jangkung namun tetap saja rawan rusak jika terkena banjir.

Apalagi motor sport mempunyai banyak komponen yang sangat banyak sehingga perlu hati-hati untuk memperbaikinya. Kotoran dan endapan lumpur bisa menempel dibagian motor dan apabila terus dibiarkan bakal merusak kabel serta rangka karena berkarat. Untuk mencegah hal teCsebut langsung bersihkan baik dibagian eksterior maupun didalamnya. Khususnya untuk kelistrikan anda harus melepas semua soket kabel seperti cop busi, aki, sepul, CDI, ECU dan sejenisnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korseleting saat dibersihkan.

Setelah itu anda bisa mulai membersihkan dan mengeringkannya memakai kain lap di seluruh soket, jika sudah tinggal anda diamkan beberapa saat supaya air yang ada didalamnya benar-benar bersih. Untuk hasil lebih maksimal bersihkan memakai angin kompresor dengan tekanan sedang serta semprot menggunakan cairan anti karat. Jika bagian kelistrikan sudah beres maka langkah selanjutnya adalah merawat rangkanya. Biasanya sisa lumpur yang terlalu lama akan mengendap dan mengering sehingga sangat sulit untuk dibersihkan, namun yang perlu anda perhatikan membersihkan bagian ini tidak boleh sembarangan supaya cat pada rangka tersebut tidak mengelupas.

Caranya anda harus membuka semua cover bodi terlebih dulu dan keringkan menggunakan kain bersih lalu dijemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Setelah itu untuk membersihkan bagian rangka cukup memakai sikat dan juga kain, namun apabila kotorannya sangat sulit dibersihkan anda bisa menggunakan sedikit bensin yang sudah dituangkan di kain lalu gosok secara perlahan dan hati-hati.Namun tidak jarang pula ada rangka yang berkarat hingga berlubang dan untuk mengatasinya tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang karena harus dilakukan penembelan dengan memakai plat agar tidak bertambah luas.


viewed :: 11834

Berita Terkait Lainnya :