23 Mei 2019
SHOWROOM MOBIL

Toyota Yaris 2009, Kabin Jadi Penentu


Dalam memodifikasi, sewajarnya konsep dibuat secara menyeluruh supaya memiliki tema. Tidak demikian dengan Rendy Jasma dari bengkel KJS di Jl. Terusan Pasir Koja, Bandung. Saat memodifikasi Toyota Yaris keluaran 2009 milik Daniel, justru kabin yang terlebih dulu dikerjakan. Tema street racing yang diadopsinya, Rendy mencoba untuk menanam berbagai komponen yang beraroma sport. Seperti terlihat adanya roll-bar yang dibikin sampai kabin depan. Adopsi setir keluaran Momo Tuner yang 'terikat' dengan bosskit Sparco.

Semakin mengentalkan tema modifikasi, berbagai instrumen yang menunjukkan kondisi mesin dipakai keluaran Defi. Ada voltmeter, vacuum, water temp dan oil temp. Indikator yang banyak terlihat di kendaraan balap.Termasuk bodi dipermak untuk menunjukkan aroma street racing. "Kita bikin dua pintu supaya terlihat sangat berbeda. Kalau untuk kontes memang harus tampil aneh," tambah pemukim di daerah Baros, Kabupaten Bandung ini.

Seperti dilakukan oleh banyak modifikator, untuk aplikasi seperti ini maka pilar tengah dimundurkan. Bengkel KJS memundurkan pilar sejauh 10 cm. Berarti pintu juga harus melar paling tidak 10 cm. Caranya dengan memotong pintu tepat di tengah-tengah, kemudian sambung pakai pelat.Tidak hanya memundurkan pilar saja, beberapa bagian bodi juga kena garap serius. Seperti kap mesin dan fender depan yang dibikin one piece. Saat membuka kap mesin, fender juga ikut terbuka.

Metode membuka sudah sangat berbeda. Milik Daniel ini sudah menggunakan sistem motorized. Sayangnya, mekanisme membukanya terbilang cukup lama. Uniknya, untuk melabur eksterior justru menyamakan warna interior yang sudah meriah dengan lampu-lampu audio berwarna hijau. Menurut Rendy, ini menjadi salah satu kesalahan yang memberi keuntungan. "Jadi kabin duluan yang berwarna hijau. Nah karena sudah terlanjur dan bingung mau warna apa, maka diputuskan tetap hijau. Supaya menarik, ikon Hulk kita pasang di bodi," jelas Rendy.

Terasa semakin pas dengan sosok Hulk, karena sektor mesin dan kaki-kaki juga sudah dibenahi. Pada mesin dipasang perangkat turbo kit keluaran HKS, lengkap dengan intercoolernya. Meski tidak pernah diajak ngebut, namun untuk detail dan penyesuaian tema modifikasi, turbo menjadi perangkat wajib.  [w33]

Data modifikasi
Mesin     Standar
Turbo      HKS
Bodi      Ubah jadi 2 pintu. Pilar mundur 10 cm
Spion luar      F1
Motorized     Kap mesin, pintu dan pintu bagai
Sunroof         Webasto
Wing             Voltex
Pelek             Volk Rays 18 inci
Ban              Toyo Proxes, 235/40-R18
Rem             Altech Big Brake
Rollbar         6 titik
Strutbar      Carbing
Setir            Momo
Bosskit        Sparco
Indikator     Defi
Audio:
Headunit       Sony
Subwoofer    Clif Design
Power           Pro kick 4 channel


viewed :: 12613
Berita Terkait Lainnya :