14 Maret 2018
TIPS MOBIL

Tips Mengecek Rem Mobil Mulai Blong


Kecelakaan mobil sudah seringkali terjadi di jalan raya. Salah satu penyebabnya, bisa dikarenakan oleh kondisi rem yang tidak terawat dengan baik. Apalagi jika sudah terlalu jarang dikontrol.

Jika sudah demikian, sebagai pengendara yang baik sangat disarankan untuk melakukan pengecekan kondisi rem mobil secara berkala. Jika memang kondisinya, sudah mengkhawatirkan, tentu akan lebih baik jika dilakukan tindakan pencegahan.

Ada cara-cara khusus untuk mengetahui performa rem mobil masih baik, atau sudah mulai blong. Cara pertama adalah dengan menahan injakan pedal rem. Setelah itu, lepaskan dan lakukan lagi hingga beberapa kali sambil mengurangi dan menambah kecepatan mobil.

Selanjutnya, setelah kecepatan berkurang, segera ganti gigi perseneling secara perlahan. Kalau terjadi saat Anda berkendara, pinggirkan mobil dengan perlahan hingga terposisikan pada kondisi yang aman.

Jika gigi perseneling sudah dikurangi, tapi kecepatan tak kunjung menurun, berarti memang ada yang salah dengan rem mobil Anda.

Dalam kasus di atas, sebaiknya pindahkan gigi perseneling dengan cepat dan cobalah berulang-ulang kali untuk sedikit mengurangi kecepatannya. Dalam kondisi rem yang sudah blong, cara darurat hanya dengan terpaksa menabrakkan diri ke benda mati yang di depannya.

viewed :: 11163
Berita Terkait Lainnya :