15 Maret 2019
SHOWROOM MOBIL

Suzuki Jimny SJ410 1984 - Si Bobon


Bodon berasal dari kata bodo. Dalam bahasa Jawa yang berarti bodoh atau bertingkah masa bodoh. Seperti Jimny yang satu ini. Diajak ke mana pun, dan dijadikan apapun, tidak pernah menolak. "Selalu siap sedia," kekeh Eko Hari Kurniawan, sang pemilik. "Bahkan tak jarang, Jimnynya saja yang berangkat, beraksi tanpa ada tuannya," kekeh pria yang akrab dipanggil Wawan ini.

"Jip satu ini cukup kenyang asam garam off-road. Mulai dari peserta off-road hingga membuat trek, semua pernah dijabaninya," terang pemilik bengkel Automodis ini. "Sering Jimny ini saya pinjamkan pada teman-teman. Untuk survei, bakti sosial, hingga membuka lahan trek. Sehingga teman-teman kemudian memanggilnya si Bodon, lantaran kemana aja ayuk dan gak pernah nolak," gelak suami dari Dennyk Kartika ini.

Sebenarnya Wawan memiliki cerita di balik kisah si Bodon. Awalnya Bodon merupakan jip kesayangan (dan masih menjadi kesayangan Wawan hingga kini) yang hanya dielus-elus saja. Namun naluri seorang pebengkel dan kecintaan Wawan pada dunia off-road membuat kisahnya berbalik 180 derajat. "Rasanya tangan gatal kalau jip kesayangan tidak diutak-atik," kekeh ayah dari Fito dan Rama ini.

"Sedikit colek sana-colek sini, akhirnya mengubah cara pandang saya dalam menikmati kendaraan. Bukan lagi menonjolkan tampang, namun lebih pada fungsinya," jelas Wawan. "Termasuk alasan menggunakan mesin K10A turbo ini. Karena mesin aslinya sudah tidak lagi mampu mengakomodir tenaga seperti yang saya inginkan," cerocos arek Malang ini.

Walau statusnya jelas sebagai kendaraan kesayangan, namun Wawan tidak pelit meminjamkan jip ini pada kawan-kawannya. "Awalnya sempat ragu, namun melihat kawan-kawannya menjaga dan merawat jip ini, keraguan saya terkikis. Entah kenapa kemudian jip ini justru jadi langganan, spesialis dipinjam-pinjamkan. "Banyak teman yang bilang jika jip saya ini enak digunakan dan tidak pernah rewel. Dan..dari teman-teman inilah kemudian muncul julukan Bodon karena tidak pernah berfikir panjang untuk diajak kemanapun dalam kegiatan dan kondisi apapun," tutupnya.  [w33]

viewed :: 14143
Berita Terkait Lainnya :