14 Maret 2019
SHOWROOM MOBIL

Suzuki Vitara 1.6 1994 - Dua Alam


Dua tahun silam, sang pemilik ingin memiliki kendaraan 4x4 yang tidak banyak dipakai off-road. "Pemiliknya pengin punya kendaraan yang belum digunakan off-road serius di daerah tempat tinggalnya," ucap Hendrik Somantri, pemilik bengkel HRX Motorsport di Subang, Jawa Barat. Akhirnya dipilihlah Suzuki Vitara, yang saat itu memang tidak banyak dipakai 'belusukan'.

Setelah pertama kali digunakan untuk off-road, rupanya sang pemilik yang enggan disebutkan identitasnya ini, tidak puas. "Karena sudah terbiasa menggunakan tubular kompetisi sepertinya," jelas Hendrik yang ditugaskan merombak Vitara-nya. Sang pemilik tidak bisa menikmati off-road, karena tunggangannya dirasa kurang bertenaga.

Dari situlah jantung Vitara mulai 'dibedah'. Mesin kapasitas 1600 cc asli langsung dipensiunkan. Gantinya mesin yang berkapasitas jauh lebih besar. "Biar bisa galak di trek off-road, sekalian saja pasang mesinnya Jeep Cherokee," jelas Hendrik.

Sudah pasti kaki-kaki Vitara jadi 'sekring' yang gampang di'putus'kan oleh mesin Cherokee. Akhirnya, bukan hanya mesin, "Sekalian saja gardan dan girboks Cherokee diboyong ke badan Vitara," celetuk Hendrik.

Mumpung sudah menggunakan mesin Cherokee, rasanya sudah siap untuk diajak ke dua alam off-road. "Konsep modifikasinya pun dibuat untuk trek adventure off-road, sekaligus bisa kencang di ajang speed off-road," jelasnya.

Sebenarnya arah modifikasi lebih pada speed off-road. Jangan heran bila rollbar di interior condong ke desain yang lazim di speed off-road. Tapi karena kepingin digunakan juga untuk adventure off-road, beberapa bagian rollbar disupport untuk peralatan adventure off-road.

Biar asik diajak terbang, suspensi pun menggunakan King Coilovershock di ke empat roda. Posisi mesin pun sudah dimundurkan, setengah bagian berada di bagian interior. "Jadi distribusi bobotnya sudah tidak terlalu di depan,"

Lucunya, meski desainnya condong untuk speed off-road, setelah 'pembedahan' usai, sang pemilik tetap tertarik untuk menggunakannya di adventure. Dan Vitara yang sudah terlanjur dimodifikasi dua alam ini, malah belum mencicipi kompetisi speed off-road.  [w33]

viewed :: 15091
Berita Terkait Lainnya :