11 Juli 2019
TIPS MOBIL

Cara Pintar Dan Sederhana Hemat BBM


Populasi kendaraan bermotor di bumi semakin bertambah dan membawa peningkatan pada angka konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Dan dengan meningkatnya kebutuhan konsumsi bahan bakar menyebabkan semakin sedikitnya persediaan minyak bumi yang berakibat harga BBM semakin tinggi.

Ada beberapa cara pintar namun sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengurangi tingkat
konsumsi bahan bakar kendaraan kita.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:

Lakukan servis atau perawatan secara teratur: Banyak pengendara cenderung melewatkan servis berkala untuk menghemat pengeluaran, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mobil dan dompet Anda dalam jangka panjang. Filter udara tersumbat, oli mesin bekas dan mesin yang tidak mendapat perawatan dalam waktu lama dapat meningkatkan angka konsumsi BBM kendaraan hingga 9 persen. Lakukan servis secara teratur dan hindari menggunakan onderdil non-original, dengan begitu selain mobil Anda tetap sehat Anda juga dapat menghemat banyak pengeluaran.

Sesuaikan tekanan angin ban: Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan jenis, ukuran, pola tapak, dan kapasitas beban ban agar daya tahan, traksi dan karakteristik pengendalian dapat seusai dengan seharusnya. Pada mobil modern, terdapat label plakat di sisi dalam pintu pengemudi yang menampilkan informasi tekanan ban yang sesuai untuk mobil Anda. Ban kempes akan meningkatkan konsumsi BBM serta keausan dini ban. Biasakanlah untuk memeriksa tekanan ban usai mengisi BBM di SPBU.

Tingkatkan aerodinamika: Mobil-mobil saat ini, baik city car hingga sports car tidak jarang dilengkapi dengan komponen yang tidak hanya mempermanis tampilan, namun juga membantu memperlancar aliran udara di permukaan badan mobil. Bagi Anda pemilik mobil keluarga (MPV, sedan besar), hindari memasang produk roof rack dan kargo atap bila tidak diperlukan. Karena saat mencapai kecepatan lebih dari 50 km/jam, kedua komponen tersebut memberi hambatan angin lebih besar dan meningkatkan konsumsi BBM.

Kurangi beban yang tidak perlu: Kurangi mengangkut hal-hal yang kiranya tidak harusselalu dibawa di dalam mobil, seperti mengganti ban cadangan dengan ukuran lebih kecil untuk mengurangi beban mobil dan menambah ruang untuk penyimpanan barang.

Kemudian hindari mengemudi dalam kecepatan tinggi dengan jendela terbuka yang mengakibatkan bertambahnyahambatan angin dan turbulensi udara di dalam kabin. Kurangi juga suhu AC sekitar 2 atau 3 putaran agar lebih nyaman dan hemat konsumsi untuk jangka panjang.

Ubah gaya mengemudi Anda: Mengemudilah dengan halus, hindari menekan pedal gas dan rem secara agresif. Menginjak pedal gas dan rem secara tiba-tiba dapat mengakibatkan meingkatnya konsumsi BBM, terutama saat di dalam lalu lintas yang padat. Sedangkan jika mengemudi dijalan tol, usahakan jaga kecepatan sekitar 20-10 km/jam di bawah batas kecepatan maksimum. 

Selain itu, selalu memindah transmisi di putaran mesin sekitar 2300 rpm untuk mobil diesel dan di bawah 3000 rpm untuk mobil bensin.

Semoga langkah-langkah tadi dapat membantu Anda menghemat konsumsi BBM. Selamat mencoba. 


viewed :: 11479
Berita Terkait Lainnya :