18 Oktober 2020
TIPS MOBIL

Kiat Tepat Mencuci Mobil Sport Kesayangan


Umumnya pemilik mobil performa tinggi mencintai tunggangan mereka dan menghabiskan banyak waktu untuk membuatnya tetap bersih mengkilap. Membersihkan sebuah mobil sport tidak hanya cukup dengan seember air sabun dan spons.

Untuk keperluan itu banyak produk perawatan yang ditawarkan oleh berbagai merek. Bahkan jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan produk perawatan kecantikan seorang wanita.

Langkah yang diperlukan untuk mencuci mobil kesayangan:

Velek
Sebaiknya dimulai dari velek dan roda-roda karena umumnya merupakan bagian paling kotor terutama di bagian depan akibat debu rem yang hitam. Bersihkan dengan formula pembersih velek dan gunakan sikat untuk menjangkau sudut-sudut.

Bodi
Mulailah mencuci dari bagian atas kendaraan dan berlanjut secara bertahap ke bagian bawah. Semprotkan air untuk melepas kotoran dan debu dan gunakan kain lembut untuk menghilangkan kotoran yang tersisa. Gunakan shampoo mobil dan seember air hangat, dan sapukan dengan gerakan memutar hingga benar-benar merata dan bersih.

Tambahkan semacam grit berupa bilah saling silang di dalam ember untuk mencegah agar kain tidak menyentuh dasar ember, guna mencegah pasir dan kotoran terserap kembali dalam kain.

Jika Anda memiliki alat penyemprot air bertekanan, biasanya dilengkapi aksesoris berupa botol kecil yang dapat diisi dengan shampoo, sehingga Anda tinggal mengarahkan nozzle ke mobil kesayangan Anda untuk menyabuninya.

Jangan menggunakan spons atau sikat, bahkan sikat sehalus apapun karena akan meninggalkan goresan mikroskopis. Setelah itu bilas dengan air hingga tidak ada sedikitpun sisa kotoran maupun sabun.

Jendela
Saat proses pencucian bodi, bagian jendela dan spion memang ikut dibersihkan. Namun disarankan untuk menggunakan kain terpisah dan pembersih jendela khusus untuk mendapatkan standar kebersihan yang lebih tinggi.

Setelah semuanya bersih, Anda bisa menambahkan anti-mist/fog, semacam aditif yang mencegah agar tetesan air hujan tidak menempel di bagian kaca jendela maupun spion.

Pengeringan
Setelah mobil Anda bersih 100%, sebaiknya segera keringkan sisa-sisa air untuk mencegah timbulnya 'watermark' alias tanda bekas sisa air yang mengering dan hindari sinar matahari langsung saat mencuci kendaraan.

Jika air mengering lebih cepat akibat panas matahari, maka air akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan dan sangat mengganggu pemandangan.

Produk terbaik untuk proses mengeringkan kendaraan adalah kulit chamois asli atau handuk berbahan micro fibre. Micro fibre mampu menyerap sembilan kali lebih baik dibandingkan kain biasa.

Pemolesan/detailing
Memoles bodi mobil merupakan tugas paling berat, namun layak dilakukan. Ini adalah langkah final yang akan membuat Anda merasa puas saat melihat kendaraan Anda terpantul di kaca sebuah jendela pertokoan saat melintasinya.

Detailing merupakan proses penting untuk memulai proses waxing. Setelah kendaraan bersih dan kering, Anda perlu menyemprotkan cairan pemoles pada bodi mobil. Setelah itu gosokkan secara merata dengan gerakan memutar.

Cara ini mampu melepaskan sisa-sisa zat dan kotoran yang melekat seperti tar, minyak dan getah pohon. Cara terbaik mengaplikasikannya dengan cara per bidang. Misalnya bagian atap dulu, baru ke bagian kap mesin, dan seterusnya hingga sekujur bodi.

Gunakan kain lembut misalnya kaus berbahan katun, bila perlu gunakan alat pemoles.

Terdapat beragam jenis wax, mulai dari bahan alami yang paling mahal yaitu carnauba wax, hingga yang berbahan polimer sintetis. Carnauba wax merupakan bahan paling populer karena sangat efektif dan terbuat dari bahan alami yang diambil dari pohon carnauba.

Membeli mesin pemoles cukup bijaksana bagi Anda yang hobi merawat kendaraan kesayangan dengan tangannya sendiri karena bisa meringankan dan mempercepat pekerjaan. Anda bisa melakuan pengaplikasian wax hingga membersihkan lapisan wax dengan alat tersebut.

Sebagai catatan: Semakin lama Anda membiarkan kendaraan tidak dicuci, akan semakin banyak kotoran dan debu yang berpotensi menggores cat saat Anda mencoba untuk menghilangkannya.(RV)




viewed :: 13137

Berita Terkait Lainnya :