02 Juni 2020
TIPS MOTOR

Tips Merawat Motor Matik di Musim Hujan


Hujan yang terus menerus menjadi kendala bagi pengendara sepedamotor, selain aktivitasnya terganggu akibat banyaknya jalan yang tergenangi air, menjadikan motor sering mogok di jalan. Oleh sebab itu perlunya perawatan motor dikala musim penghujan terlebih motor matik. Berikut ini beberapa komponen pada motor matik yang harus diperhatikan.

Hal pertama perhatikan sistem penggerak yakni Continous Variable Transmission (CVT), menurut Selamet selaku Quality Assurance (QA) PT Wahana Makmur Sejati (WMS) main dealers sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang, meski CVT tertutup rapat namun jika melintasi genangan air setinggi 20-70cm bisa kemasukan air. Selamet menyarankan, bila CVT kemasukan air dan motor mati jangan langsung dinyalakan, usahakan buang dulu air yang ada
dalam CVT.

"Jika motor matik mogok karena terendam air, jangan langsung dinyalakan, cari tempat yang aman, buka bagian CVT lalu buang airnya. Jika motor matik yang mogok akibat CVT-nya terendam banjir dipaksa untuk dihidupkan mesinnya, akan mengakibatkan CVT cepat rusak," ujar Selamet.

Yang kedua, bila motor sering menerabas genangan air sebaiknya segera lakukan penggantian oli mesin. Jangan lupa periksa dan bersihkan juga busi dan ruang busi.

Selanjutnya bersihkan filter udara atau saringan udara, hal tersebut untuk menghidari supaya tidak ada kotoran debu atau sejenisnya. Sebab debu akan semakin mengeras ketika terkena suhu dingin ketika menerabas hujan.

"Filter udara salah satu piranti yang penting untuk dibersihkan, sebaiknya dibersihkan apabila sering menerabas genangan air, akan lebih baik jika dibersihkan dua minggu sekali," saran Selamet.

viewed :: 12332
Berita Terkait Lainnya :